Wednesday, February 27, 2013

Camp Nou, Stadion FC Barcelona


Camp Nou - FC Barcelona


Pembagian tribun penonton di Camp Nou



Sejak diresmikan pada 24 September 1957 oleh arsitek Francesc Mitjans, Josep Soteras dan Lorenzo García Barbón yang menghabiskan biaya 288 juta pesetas, Camp Nou telah menjadi basis klub paling bergengsi FC Barcelona. Dengan kapasitas 99.354 kursi, Camp Nou telah menjadi stadion terbesar di Eropa dan terbesar ketiga di dunia setelah Sao Paolo, Brazil dan Mexico.  

Tinggi maksimum stadion adalah 48 meter, dan itu mencakup wilayah permukaan 55.000 meter persegi (250 meter panjang dan 220 meter lebar). Sesuai dengan ketentuan UEFA, area bermain telah dirampingkan menjadi 105 meter x 68 meter. 

Sewaktu didirikan nama resminya adalah Estadi del FC Barcelona (Stadion FC Barcelona) hingga akhirnya pada tahun 2000 diputuskan untuk menggunakan nama populer Camp Nou. Pengembangan Camp Nou ini sendiri telah dilakukan beberapa kali hingga akhirnya Camp Nou menjadi stadion elit di dunia dengan fasilitas bintang lima.

Di dalam Camp Nou ini sendiri terdapat Barça Veterans Association yaitu organisasi untuk mantan pemain klub Barca agar kehidupan mereka tetap terjamin meskipun tidak lagi bermain untuk Barca. Lalu terdapat Barça TV yang memuat informasi, hiburan, siaran pertandingan juga sejarah mengenai klub ini. Juga Pusat dokumentasi dan belajar yang berlokasi di lantai kedua Museum Barca. Di stadion ini juga terdapat Taman kanak-kanak gratis untuk anggota klub dan anak-anak mereka. Grandstand dan lateral boxes yaitu tempat untuk menonton pertandingan di suatu ruangan untuk 2.400 anggota VIP dengan fasilitas yang eksklusif dan untuk orang-orang tertentu dari seluruh penjuru dunia seperti tokoh politik, olahraga, dan dunia hiburan terdapat area untuk 147 orang yang disebut dengan Presidential Box. Ruangan Pers dengan kapasitas 135 kursi di lahan seluas 225 m2 lengkap dengan Wifi dan berdekatan dengan Ruang Ganti pemain yang dilengkapi dengan loker pribadi, sebuah kolam renang, dua buah jacuzzi, sauna, ruang uap dan dingin juga relaksasi yang lengkap dengan dokter, pemijat dan fisioterapi serta ruang pertemuan dan ruang ganti staf pelatih. 

Tidak cukup sampai di situ, masih ada Pers Galeri, Ruang VIP dan Mixed Zone yaitu sebuah area dimana reporter bisa mendapatkan akses langsung kepada pemain setelah pertandingan dan latihan. Untuk menjamin kesehatan para pemain Barca disediakan pula Pelayanan Medis dan Apotek. 

Jika anda pergi ke Barcelona jangan lupa untuk mengunjungi Camp Nou yang dibuka untuk umum mulai pukul 10:00 - 20:00 (senin sampai sabtu) dan untuk hari libur pukul 10:00 - 14:30. Biayanya 8,50 euro untuk masuk ke museum dan 13 euro untuk guided tour. 

0 comments:

Post a Comment