Saturday, July 13, 2013

Keistimewaan 1 Ramadhan 1434 Hijriyah bagi saya.



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Ramadhan tahun ini adalah yang paling istimewa bagi saya, walau kebahagiaan yang saya inginkan ga terpenuhi sepenuhnya. Tahun ini saya menyadari akan banyak hal, saya belajar akan banyak hal, yang bagi saya sangat amat berharga.

Jujur, tahun tahun sebelumnya saya ga pernah membuat suatu target yang istimewa ketika bulan puasa. Saya ga pernah menganggap puasa sesuatu yang wah. Saya ga pernah juga menyambutnya dengan antusias. Bagi 'saya puasa ya puasa, diusahakan full 30 hari kalo ngga ya sudah, sholat harus lebih di tingkatkan', ya hanya sebatas itu. Sungguh, ketika mengingat masa-masa itu miris rasanya. Ada suatu penyesalan yang teramat karna ga bisa memanfaatkan puasa sebagaimana yang Allah dan Rasulullah ajarkan. Sekarang saya amat menyadari betapa dulu saya begitu miskin ilmu, begitu tidak menghargai pemberian yang Allah berikan selama ini ke saya. Saya juga menyadari betapa kekanak-kanakannya pikiran saya ketika itu. 

Tapi adakah kata TERLAMBAT untuk memperbaiki itu semua? hanya satu jawaban pasti, TIDAK! tidak ada yang terlambat. Saya amat bersyukur kepada Allah SWT, karna telah membuka hati saya, membuka mata saya, menyadarkan saya akan kekeliruan saya selama ini. Kekeliruan saya dalam memandang bulan puasa. Mungkin ilmu saya belum banyak, tapi saya sangat yakin ilmu saya jauh sudah berkembang dari tahun-tahun sebelumnya dan Insya Allah saya akan lebih banyak lagi mempelajari apa yang telah Allah dan Rasullullah ajarkan.

Sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa disini saya tidak beniat untuk riya/pamer kepada kalian para pembaca. Saya hanya menceritakan pengalaman saya dengan harapan dapat menyadarkan atau memotivasi para pembaca sekalian.

Di awal puasa tahun ini saya begitu semangat menyambutnya, walau terasa begitu sepi. Sepi karna banyak hal yang berubah dalam hidup saya. Sejujurnya saya merasa sendiri menjalani puasa tahun ini. Tapi saya sudah bertekad untuk menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Saya juga telah memikirkan banyak target untuk puasa tahun ini. Target sederhana mungkin, tapi bagi saya ini adalah hal yang baru. Saya sangat antusias, saya memikirkan banyak hal, sesuatu yanga akan saya lakukan dibulan puasa ini. Saya ingin menjadikan kebiasaan bagi diri saya. Saya yakin saya bisa karna memang sudah banyak contohnya yang bahkan jauh lebih baik dari target-target yang ingin saya lakukan. Bermula dari, membaca Al-Qur'an, saya ingin membaca Al-Qur'an seminimalnya 30 Juz tuntas selama 30 hari. Lalu, 30 hari full sholat taraweh dan witir. 30 hari full puasa tanpa bolong kecuali berhalangan. Lebih membiasakan untuk mengutamakan sholat di awal waktu. Memperbanyak sedekah dimanapun dan kapanpun. Memperbanyak berdzikir. Memperbanyak mempelajari ilmu agamam Meminimalisir hal-hal yang kurang baik seperti mengeluh, membicarakan orang lain, berbohong, berbicara kasar, berfikiran negatif, bersikap berlebihan dalam menanggapi suatu masalah dan lain sebagainya. Saya sangat berharap saya dapat istiqomah dalam menajalani target-target saya ini. Saya percaya saya pasti bisa, andapun pasti bisa! Maaf jika ada salah-salah kata mohon di maklumi. ;) 

Selamat berpuasa, selamat menyusun target bulan puasa, selamat memperbanyak amalan baik! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment